Contoh soal dan jawaban perhitungn APT (Arbitrage Pricing Theory)

Halo, terima kasih sudah mengungjungi blog aku. Pada kesempatan kali ini aku mau membagikan 1 contoh soal dan jawaban perhitungan APT atau Arbitrage pricing Theory. Tapi sebelum itu aku akan jelaskan apa itu APT dan seberapa penting kita tahu atau mengenal APT.

Rose (1976) menjelaskan bahwa Arbitrage Pricing Theory (APT) adalah sebua aktiva yang dinilai oleh pasar, atau ditentukan tingkat pendapatan (return) yang dianggap dapat dicapai di masa depan pada suatu investasi.

Sangat jelas berarti APT ini digunakan untuk menganalisis return saham (menghitung keakurtan) pada perusahaan pada pasar modal atau Bursa Efek. Siapa pelaku/pengguna APT tersebut? Ialah investor. Investor harus memahami apa itu CAPM dan APT guna untuk menghitung return dari dana yang ia gunakan untuk menanam modal pada perusahaan.

Berikut contoh soal perhitungan APT

Manajer keuangan PT. Harapan Jaya melakukan analisis dan memperkirakan bahwa resiko sistematis saham PT. Ho a Ho e adalah 0,150. Taksiran keuntungan untuk risk free adalah sebesar 15% dan return 16%, return market diperkirakan sebesar 17%. Hitung return saham PT. Ho a Ho e

Jawab :


Penjelasan :

Ri = return aktual

b = sensitifitas 

Rm = return market

Rf = return saham


Dari jawaban diatas maka bisa disimpulkan return yang akan diperoleh jika manajer PT. Harapan Jaya jika menanam modal pada PT. Ho a Ho e

Sekian dari saya, sebagai pemenuhan tugas saya, saya tidak hanya berharap bisa dibaca oleh teman atau Bapak/Ibu dosen terkait tetapi pada masyarakat luas. Terima kasih sudah membaca dan mengunjungi blog saya, untuk kalian yang baru pertama kali datang kalian bisa eksplore laman blog aku. Mohon maaf jika ada kekeliruan, mohon untuk kritik dan saran di kolom komentar


Profil penulis

Nama    : Stevanus Wahyudianto Prabowo

NIM      : 202105102

Kelas    : 4A Manajemen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portfolio investasi jenis Reksa Dana

Lirik Itoshiki Natasha (Natasha yang Kucinta) JKT48